ANALISIS ASSET DAN LIABILITAS MANAJEMEN PERBANKAN SYARIAH TERHADAP PENGARUH PEMBIAYAAN DI BANK SYARIAH

Authors

  • Nur Helmy Iffah Universitas Darussalam Gontor
  • Agung Lia Handayani Universitas Darussalam Gontor
  • Fadhila Sukur Indra Universitas Darussalam Gontor

Keywords:

ALMA, Bagi Hasil, Jual Beli, Perbankan Syariah

Abstract

Bank syariah merupakan lembaga yang bergerak dibidang jasa keuangan. Dalam operasionalnya, lembaga ini memperoleh aset dari modal ekuitas, dana pihak ketiga dan dana pinjaman lainnya. Sumber sebagian besar modal tersebut besasal dari liabilitas yaitu dana pihak ketiga dan pinjaman lainnya. Oleh sebab itu dibutuhkan sistem manajemen yang dapat mencakup pengeloaan aset dan liabilitas. Pada operasionalnya, bank syariah menerapkan Asset and Liability Management. Sistem manajemen ini telah lama berkembang dan merupakan sistem manajemen yang diadopsi dari bank konvensional. Pada operasional perbankan, asset liability management (ALMA) merupakan fokus utama dalam memanajemen bank umum. Sebagai salah satu alat analisis dan pengelolaan operasional perbankan, merupakan salah satu yang diperhatikan oleh praktisi dan akademisi perbankan. Metode yang digunakan dalan penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dari permasalahan diatas, peneliti, akan melihat penerapannya serta kesesuaian dengan sistem bank syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asset dan liabilitas merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan karena perannya saling bersangkutan. Pengaruh pembiayaan terhadap keuntungan bank syariah lebih didominasi oleh produk murabahah.

References

Aisyah, B. N. (2018). Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) Mudharabah Anggota dan Liability Lembaga Lain Terhadap Return On Equity (Studi Pada Lembaga Keuangan Syariah Non-Bank Di Tulungagung dan Blitar). Iqtishadia, Vol.5, No.1.

Arim, I. A. (2016). Pengaruh Pembiayaan Jual Beli, Pembiayaan Bagi Hasil, dan Non Performing Finance Terhadap Profibilitas (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2012-2014), . Jurnal Aset (Akuntansi Riset), Vol.8, No.1.

Burhanriffudin. (2018). Pengaruh Asset Liability Management Terhadap Kinerja Bank (Studi Komperatif Pada PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk, dan PT Bank BRI Syariah). Journal of Institution And Sharia Finance, Vol.1, No.1.

Ekasari, D. (2018). Pengaruh Asset-Liability Management Terhadap Profibilitas Bank Tahun 2007-2011 (Studi Kasus Perbandingan Bank Pemerintah Dengan Swasta). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma, 1.

Haq, I. S. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Pembiayaan Berdasarkan Akad Dan Tujuan Pembiayaan Terhadap Tingkat Pembiayaan Bermasalah Pada Perbankan Syariah Periode 2010-2019. Surabaya: Universitas Airlangga.

Muslina, R. N. (2016). Analisis Kesesuaian Konsep Asset And Liability Management (ALMA) Dengan System Perbankan Syariah. Media Syariah, Vol.18, No.2, 365.

Ranata, R. (2020). Strategi Perbankan Syariah Dalam Manajemen Aset dan Liabilitas . Jurnal Tamwil, Vol.VI, No.2

Rochmanika, A. F. (2016). Pengaruh Pembiayaan Jual Beli, Pembiayaan Bagi Hasil Dan Rasio Non Performing Financing Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Di Indonesia. Malang : Universitas Brawijaya.

Subardjo, Y. I. (2017). Pengaruh Pembiayaan Bagi Hasil, Jual Beli, FDR, NPF Terhadap Profitabiltas Bank Syariah. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol.6, No.12.

Rusby, Z. (2017). Manajemen Perbankan Syariah. Riau: Pusat Kajian Pendidikan Islam UIR

Tanjung, A. I. (2016). Strategi Manajemen Aset dan Liabilitas Dalam Perbankan Syariah. At-Tijaroh, Vol.2, No.2.

Turmudi, M. (2016). Manajemen Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada Lembaga Perbank Syariah. Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol.1, No.1.

Downloads

Published

2022-06-23

How to Cite

Iffah, N. H., Agung Lia Handayani, & Fadhila Sukur Indra. (2022). ANALISIS ASSET DAN LIABILITAS MANAJEMEN PERBANKAN SYARIAH TERHADAP PENGARUH PEMBIAYAAN DI BANK SYARIAH. AL-BAYAN: JURNAL HUKUM DAN EKONOMI ISLAM, 2(1). Retrieved from https://jurnal.stainwsamawa.ac.id/index.php/al-bayan/article/view/45

Issue

Section

Table of Contents